MANAJEMEN KEUANGAN DAN LINGKUNGAN KEUANGAN


FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN




        Manajemen keuangan menyangkut kegiatan perencanaan, analisis, dan pengendalian kegiatan keuangan. Mereka yang melaksanakan kegiatan tersebut sering disebut sebagai manajer keuangan. Banyak keputusan yang harus diambil oleh manajer keuangan dan berbagai kegiatan yang harus dijalankan mereka. Meskipun demikian, kegiatan-kegiatan tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua kegiatan utama, yaitu kegiatan menggunakan dana dan mencari pendanaan. Dua kegiatan utama (atau fungsi) tersebut disebut sebagai fungsi manajemen keuangan.

Secara skematis, kegiatan manajer keuangan ditunjukkan pada Gambar berikut.
Kegiatan-kegiatan Utama Manajer Keuangan

        Manajer keuangan perlu memperoleh dana dari pasar keuangan atau financial market (lihat panah 1). Pasar keuangan menunjukkan pertemuan antara demand dan supply akan dana. Untuk pertimbangan praktis, dana tersebut kadang dipisahkan menjadi dana jangka pendek (pasamya disebut sebagai pasar uang atau money market) dan jangka panjang (pasamya disebut sebagai pasar modal atau capital market). Pasar keuangan tersebut bisa terjadi di sektor formal (dengan lembaga-lembaganya, seperti perbankan, asuransi, bursa efek, sewa guna), bisa pula di sektor informal ( dengan lembaga-lembaganya seperti, arisan, rentenir, ijon, kumpulan simpan pinjam). Perusahaan-perusahaan besar akan sering berhubungan dengan lembaga keuangan di sektor formal, sebaliknya perusahaan kecil dan juga sektor informal, banyak berhubungan dengan lembaga di sektor informal.
        Secara keseluruhan lembaga-lembaga keuangan yang ada dalam sistem keuangan di Indonesia adalah sebagai berikut (Bank Indonesia, Pembinaan dan Pengawasan Bank, bahan seminar Februari 1993).

A.    SISTEM MONETER

1.     Otoritas Moneter
-       Bank Sentral
2.     Bank Pencipta Uang Giral
-       BankUmum

B.    DI LUAR SISTEM MONETER

1.     Bank bukan pencipta uang giral
-       Bank Perkreditan Rakyat
2.     Lembaga Pembiayaan
-       Perusahaan Modal Ventura
-       Perusahaan Sewa Guna
-       Perusahaan Anjak Piutang
-       Perusahaan Kartu kredit
-       Perusahaan Pembiayaan konsumen
-       Perusahaan Pegadaian
3.     Perusahaan Asuransi
-       Asuransi social
-       Asuransi jiwa
-       Asuransi kerugian
-       Reasuransi
-       Broker asuransi
-       Broker reasuransi
-       Penilai kerugian asuransi
-       Konsultan aktuaria
4.     Dana Pensiun
-       Dana pensiun pemberi kerja
-       Dana pensiun lembaga keuangan
5.     Lembaga di bidang pasar modal
-       Bursa efek
-       Lembaga kliring penyelesaian dan penyimpanan
-       Perusahaan Reksa Dana
-       Perusahaan Efek
-       Penjamin emisi
-       Pedagang perantara
-       Manajer investasi
-       Lembaga penunjang pasar modal
-       Biro Administrasi Efek
-       Tempat penitipan harta
-       Wali amanat
6.     Lainnya
-       Pialang pasar uang

        Dengan demikian, perusahaan tidak harus menghubungi bank umum pada saat memerlukan tambahan dana (meskipun harus diakui bahwa bank umum masih merupakan lembaga yang terbanyak dalam menyalurkan dana). Dalam memilih lembaga keuangan, perusahaan perlu memperhatikan dua unsur utama, yaitu (1) biaya dan persyaratan untuk memperoleh dana tersebut, dan (2) jangka waktu dana bisa dipergunakan. Oleh karena kita membicarakan perusahaan pada umumnya (yaitu organisasi yang bertujuan memperoleh laba) maka manajer keuangan perlu ke pasar keuangan untuk mendapatkan dana dan tidak terbatas ke pasar modal. Untuk memperoleh dana tersebut diterbitkan aktiva finansial. Dipandang dari aspek kepemilikan, dana dari luar ini dapat berbentuk utang ataupun modal sendiri. Dana dalam bentuk utang dapat bersifat jangka pendek ataupun jangka panjang.
        Dana yang diperoleh kemudian diinvestasikan pada berbagai aktiva perusahaan, untuk mendanai kegiatan perusahaan (lihat panah 2). Kalau kegiatan memperoleh dana berarti perusahaan menerbitkan aktiva finansial (yaitu selembar kertas yang mempunyai nilai pasar karena mempunyai hak untuk memperoleh penghasilan, seperti saham dan obligasi) maka kegiatan menanamkan dana mengakibatkan perusahaan memiliki aktiva riil (seperti tanah, mesin, persediaan, merek dagang, paten).
        Dari kegiatan menanamkan dana (disebut investasi), perusahaan mengharapkan untuk memperoleh hasil yang lebih besar dari pengorbanannya. Dengan kata lain, diharapkan diperoleh "laba" (anak panah 3). Laba yang diperoleh perlu diputuskan untuk dikembalikan ke pemilik dana (pasar keuangan), yaitu panah 4a atau diinvestasikan kembali ke perusahaan (anak panah 4b). Kemungkinan pilihan tidak selalu bebas. Misalnya, kalua dana diperoleh dalam bentuk pinjaman maka pengembalian pinjaman dan bunganya tidak bisa dihindari.
        Dalam skema tersebut terlihat bahwa manajer keuangan harus mengambil keputusan tentang:
1.     - penggunaan dana (yaitu panah 2, disebut sebagai keputusan investasi);
2.     - memperoleh dana (yaitu panah 1, disebut sebagai keputusan pendanaan);
3.     - pembagian laba (yaitu panah 4a atau 4b, disebut sebagai kebijakan dividen).
Ketiga keputusan tersebut merupakan keputusan-keputusan keuangan yang harus diambil oleh manajer keuangan.
Keputusan investasi akan tercermin pada sisi akti va perusahaan. Dengan demikian akan mempengaruhi struktur kekayaan perusahaan, yaitu perbandingan antara aktiva lancar dengan aktiva tetap. Sebaliknya, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen akan tercermin pada sisi pasiva perusahaan. Apabila kita hanya memperhatikan dana yang tertanam dalam jangka waktu yang lama maka perbandingan tersebut disebut sebagai struktur modal. Apabila diperhatikan baik dana jangka pendek maupun dana jangka panjang, perbandingannya disebut sebagai struktur finansial. Keputusan pendanaan dan kebijakan dividen mempengaruhi kedua struktur tersebut.

TUJUAN MANAJEMEN KEUANGAN
Untuk bisa mengambil keputusan-keputusan keuangan yang benar, manajer keuangan perlu menentukan tujuan yang harus dicapai. Keputusan yang benar adalah keputusan yang akan membantu mencapai tujuan tersebut. Secara normatif tujuan keputusan keuangan adalah untuk memaksimumkan nilai perusahaan. Apa yang dimaksud dengan nilai perusahaan? Nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan tersebut dijual.
Nilai perusahaan akan makin tinggi ( artinya calon pembeli bersedia membayar dengan harga yang makin mahal) kalau prospek perusahaan tersebut makin baik. Prospek yang baik berarti laba diharapkan cukup besar dan makin meningkat dengan berjalannya waktu. Oleh karena kita makin suka kalau menjadi makin kaya, demikian juga dengan pemilik perusahaan maka tujuan peningkatan nilai perusahaan dipergunakan sebagai tujuan normatif. Bagi perusahaan yang menerbitkan saham di pasar modal, harga saham yang diperjualbelikan di bursa merupakan indikator nilai perusahaan.
Memaksimumkan nilai perusahaan (atau harga saham) tidak identic dengan memaksimumkan laba per lembar saham (earnings per share, EPS). Hal ini disebabkan karena
(1) memaksimumkan EPS mungkin memusatkan pada EPS saat ini
(2) memaksimumkan EPS mengabaikan nilai waktu uang
(3) tidak memperhatikan faktor risiko. Perusahaan mungkin memperoleh EPS yang tinggi pada saat ini, tetapi apabila pertumbuhannya diharapkan rendah maka dapat saja harga sahamnya lebih rendah apabila dibandingkan dengan perusahaan yang saat ini mempunyai EPS yang lebih kecil. Dengan demikian, memaksimumkan nilai perusahaan juga tidak identik dengan memaksimumkan laba, apabila laba diartikan sebagai laba akuntansi (yang bisa dilihat pada laporan rugi laba perusahaan). Sebaliknya, memaksimumkan nilai perusahaan akan identik dengan memaksimumkan laba dalam pengertian ekonomi (economic profit). Hal ini disebabkan karena laba ekonomi diartikan sebagai jumlah kekayaan yang bisa dikonsumsikan tanpa membuat pemilik kekayaan tersebut menjadi lebih miskin.
        Jadi, pada awal tahun Anda memiliki dana senilai Rp10 juta dan pada akhir tahun meningkat menjadi Rp11,5 juta, tidak berarti kekayaan anda meningkat sebesar Rp.1,5 juta (sehingga bisa berkonsumsi maksimum sebesar Rp 1,5 juta). Faktor penyebabnya adalah nilai waktu uang. Anda mungkin merasa bahwa kekayaan Rp10 juta pada awal tahun sama dengan Rp 11,5 juta pada akhir tahun. Kalau memang demikian maka sebenarnya selama satu tahun tersebut kekayaan anda tidak berubah. Sayangnya konsep keuntungan ekonomi ini akan sangat sulit diterapkan oleh perusahaan dalam bisnis sehari-hari. Sebagai misal, perhitungan pajak akan didasarkan atas laba akuntansi dan bukan laba ekonomi. Karena itulah, kalau kita mendengar istilah laba dalam lingkup perusahaan, bisa dipastikan pengertiannya adalah pengertian akuntansi.

KEUANGAN PERUSAHAAN (CORPORATE FINANCE)

Dengan demikian tujuan pengelolaan keuangan tersebut sebenarnya bisa berlaku untuk siapa saja, bukan terbatas pada perusahaan. Individu pun mungkin akan menerapkan konsep keuangan tersebut dalam kegiatan pengaturan keuangan mereka. Seseorang akan melakukan investasi (dalam bentuk apa pun) dengan tujuan untuk membuat dirinya menjadi lebih kaya. Penerapan konsep-konsep keuangan untuk pengambilan keputusan keuangan
untuk level individu disebut sebagai personal finance. Untuk level negara disebut sebagai public finance. Hanya saja untuk level perusahaan ada beberapa kekhususan. Kekhususan-kekhususan tersebut, di antaranya berikut ini.
1.     Perusahaan bisa dimiliki oleh lebih dari satu orang.
2.     Ada peraturan-peraturan yang berlaku untuk perusahaan, tetapi tidak untuk individu.
3.     Penggunaan prinslp-prinsip akuntansi untuk mencatat transaksi keuangan dalam perusahaan.

Kekhususan pertama menunjukkan arti pentingnya tujuan normative keputusan keuangan. Apabila perusahaan dimiliki oleh lebih dari satu orang maka dapat saja terjadi ketidak-sepakatan antar pemilik perusahaan. Konflik ini akan teratasi kalau semua pemilik sepakat bahwa alternatif yang dipilih adalah alternatif yang akan menaikkan kekayaan pemilik perusahaan yang terbesar.
Kekhususan kedua ditunjukkan, antara lain dari peraturan pajak. Bagi perorangan yang mempunyai utang dan membayar bunga, pembayaran bunga tersebut tidaklah dapat dipergunakan sebagai pengurang pajak. Batas penghasilan bebas pajak telah ditentukan oleh peraturan, besarnya sama baik individu tersebut mempunyai utang ataupun tidak. Sebaliknya, bagi perusahaan, pembayaran bunga hutang dapat dipergunakan untuk mengurangi beban pajak. Dengan kata lain, perusahaan yang menggunakan utang lebih banyak, dan karenanya membayar bunga yang lebih besar, akan membayar pajak dalam jumlah yang lebih kecil, apabila dibandingkan dengan perusahaan yang menggunakan utang yang lebih kecil.
Kekhususan yang ketiga ini sering menyebabkan mereka yang belajar keuangan perusahaan berkesimpulan bahwa keuangan perusahaan sarat dengan akuntansi. Kesimpulan tersebut tentu saja tidak benar. Masalah-masalah
keuangan pada dasarnya hanya menyangkut tentang kegiatan untuk menggunakan dan memperoleh dana. Hanya saja keuangan perusahaan menggunakan informasi keuangan yang disusun menurut prinsip-prinsip akuntansi sehingga mereka yang berkecimpung dalam bidang keuangan perlu memahami prinsip-prinsip tersebut.
Berikut ini diberikan contoh bagaimana penggunaan prinsip-prinsip akuntansi menyebutkan bahwa dana dari hasil operasi perusahaan (disebut sebagai internal financing) dikatakan berasal dari 2 sumber, yaitu laba yang ditahan dan penyusutan. Kalau kita menyusun perhitungan rugi laba menurut prinsip-prinsip akuntansi maka dana hasil operasi akan sama dengan laba setelah pajak ditambah dengan penyusutan. Marilah kita perhatikan contoh berikut ini.
Neraca PT.SUKSES pada 31/12/2014 menunjukkan keadaan sebagai berikut.
NERACA
PT. SUKSES
31 DESEMBER 2014

Kas                                           Rp    200                                   Hutang                          Rp    800
Aktiva lancar lain                     Rp    600                                   Modal sendiri               Rp 1.600
Aktiva tetap (bruto)                  Rp 2.000
Akumulasi penyusutan             Rp  (400)                                                                                        
Jumlah                                      Rp 2.400                                   Jumlah                           Rp 2.400

Selama tahun 2015 perusahaan tidak menambah dana dari luar, tidak menambah aktiva lancar lain, dan juga tidak merubah aktiva tetap. Sedangkan hasil operasi selama tahun 2015 ditunjukkan pada laporan laba rugi selama 2015 sebagai berikut.

LAPORAN LABA RUGI
PT. SUKSES
1 JANUARI 2015 – 31 DESEMBER 2015

Penghasilan penjualan                                                               Rp 5.000
Biaya (termasuk penyusutan sebesar Rp 400)                           Rp 4.000
                        Laba sebelum pajak                                           Rp 1.000
Pajak 35 % x 1.000                                                                    Rp    350
                        Laba setelah pajak                                              Rp    650
Apabila perusahaan tidak membagikan laba maka neraca perusahaan
pada 31/12-2015  Akan nampak sebagai berikut:

NERACA
PT. SUKSES
31 DESEMBER 2015
Kas                                             Rp 1.250                                   Hutang                           Rp    800
Aktiva lancar lain                       Rp    600                                   Modal sendiri                Rp 2.250
Aktiva tetap (bruto)                    Rp 2.000
Akumulasi penyusutan               Rp  (800)                                                                                          
Jumlah                                        Rp 3.050                                     Jumlah                           Rp 3.050

Oleh karena laba tahun 2015 sebesar Rp 650,00 tidak dibagikan atau ditahan maka besarnya modal sendiri menjadi Rp 1600,00 + Rp 650,00 = Rp 2.250,00, sedangkan akumulasi penyusutan naik menjadi Rp 800,00 yakni penyusutan tahun 1995, Rp 400,00 dan tahun 2015, Rp 400,00.
Akibatnya, kas bertambah menjadi Rp1.250,00 atau meningkat Rp1.050,00. Penambahan kas, yang menunjukkan penambahan dana yang bisa dipergunakan oleh perusahaan, sama dengan jumlah laba ditambah dengan penyusutan, yaitu Rp 650,00 + Rp 400,00 = Rp 1.050,00. Ini merupakan salah satu contoh akibat digunakannya prinsip-prinsip akuntansi dalam mencatat transaksi keuangan.
Tentu saja dalam praktiknya mungkin sekali dana dari hasil operasi tersebut telah dipergunakan untuk berbagai keperluan. Mungkin jumlah Aktiva Lancar lain telah meningkat, mungkin jumlah utang telah dikurangi. Dengan demikian, kita perlu melakukan analisis untuk menelusuri dari mana saja sumber dana yang diperoleh oleh perusahaan, dan digunakan untuk apa saja dana tersebut. Secara umum sumber dana bisa berasal dari luar
perusahaan (disebut sebagai external financing), baik dalam bentuk modal sendiri maupun dalam bentuk utang. Sumber yang lain adalah dari dalam perusahaan (internal financing), yaitu dalam bentuk laba ditahan dan penyusutan.

PERKEMBANGAN MANAJEMEN KEUANGAN

Secara ringkas disiplin keuangan mengalami perkembangan dari disiplin yang deskriptif menjadi makin analitis dan teoretis. Dari yang lebih menitikberatkan dari sudut pandang pihak luar, menjadi berorientasi pengambilan
keputusan bagi manajemen. Sumbangan para ekonom sangat besar dalam perumusan teori-teori keuangan. Berbagai konsep, model, dan teori seperti capital budgeting, portfolio theory, capital asset pricing model, arbitrage
pricing theory, option pricing theory menunjukkan perkembangan pemikiran dalam bidang keuangan.
Meskipun demikian, tetap dijumpai berbagai pertanyaan dan perdebatan dalam bidang teori keuangan. Seperti masalah kebijakan dividen, struktur modal, efisiensi pasar modal merupakan beberapa masalah yang masih
mengundang perdebatan panjang. Bahkan model yang nampaknya telah diterima oleh kalangan bisnis, seperti capital asset pricing model, berkali-kali dipertanyakan oleh beberapa kalangan akademis.
Dengan demikian, dalam mempelajari manajemen keuangan kita perlu bersikap terbuka (open mind), tidak begitu saja apriori kalau menghadapi pendapat yang berbeda. Bagaimanapun juga teori selalu mengalami perkembangan, dan kita perlu bersikap terbuka terhadap perkembangan tersebut.

LINGKUNGAN PERUSAHAAN

Perusahaan bekerja pada suatu lingkungan tertentu. Bagi manajer keuangan penting untuk memahami lingkungan keuangan yang dihadapinya. Lingkungan keuangan merupakan faktor-faktor eksternal keuangan yang mempengaruhi keputusan-keputusan keuangan yang akan diambil. Lingkungan keuangan terse but terdiri dari sistem keuangan (financial system) tempat perusahaan beroperasi. Dalam sistem keuangan tersebut dijumpai berbagai lembaga keuangan, berbagai instrumen keuangan yang diperjualbelikan di pasar keuangan.
Pemahaman tersebut penting karena lingkungan keuangan tersebut akan mempengaruhi keputusan-keputusan keuangan yang diambil oleh perusahaan. Secara umum, lingkungan keuangan tersebut berpengaruh pada
keputusan pendanaan perusahaan dan keputusan investasi (biasanya untuk investasi j angka pendek).

MENGAPA PASAR FINANSIAL TERBENTUK

Pasar finansial menunjukkan pertemuan antara penawaran akan aktiva finansial (financial assets) atau permintaan dan yang sering juga disebut sebagai sekuritas. Aktiva finansial menunjukkan secarik kertas (surat) yang mempunyai nilai pasar karena surat tersebut menunjukkan klaim atas aktiva riil perusahaan (misalnya mesin-mesin, pabrik, bahan baku, barang dagangan, bahkan termasuk merek dagang). Contoh aktiva finansial adalah saham, obligasi, utang bank, kewajiban sewa guna. Dalam suatu perekonomian, aktiva finansial ada karena tabungan) dari berbagai individu, perusahaan, dan pemerintah, pada suatu periode waktu berbeda dengan rencana investasi mereka pada aktiva riil.
Karena itu, pasar finansial ada karena pasar tersebut bertujuan untuk mengalokasikan tabungan-tabungan secara efisien kepada pemakai (pihak yang memerlukan) tabungan tersebut di dalam suatu perekonomian. Pihak yang memerlukan tabungan tersebut adalah pihak yang melakukan investasi pada aktiva riil yang lebih besar dari tabungan yang mereka bisa lakukan. Pihak-pihak tersebut biasanya adalah perusahaan-perusahaan bukan keuangan (nonfinancial corporations), sedangkan pihak yang mempunyai tabungan yang lebih besar dari investasinya biasanya adalah rumah tangga. Kalau pasar finansial bisa mempertemukan pihak yang mempunyai tabungan dengan pihak yang memerlukan tabungan tersebut untuk membiayai investasi mereka dengan biaya yang semurah mungkin danlatau kemudahan yang setinggi mungkin maka pasar finansial tersebut dikatakan efisien.
Dalam proses pengalokasian tabungan ke pihak yang melakukan investasi, sering diperlukan adanya perantara (meskipun mungkin juga dilakukan langsung tanpa perantara). Proses intermediasi (intermediation process) tersebut memberikan dua fungsi yang penting dan mendasar. Pertama, memberikan kesempatan bagi para penabung untuk menabung kelebihan penghasilan mereka dan memperoleh imbalan. Dengan demikian, proses ini membantu memobilisasi dana yang, seandainya tanpa proses intermediasi, mungkin akan menganggur. Kedua, proses tersebut akan memindahkan risiko dari penabung ke perantara keuangan, dan/atau ke pemakai dana. Di samping itu, lembaga-lembaga keuangan (yang mungkin berfungsi sebagai perantara keuangan) juga akan menjalankan fungsi yang amat penting, yaitu transformasi jangka waktu (maturity transformation). Proses ini berarti bahwa lembaga keuangan merubah suatu instrument keuangan jangka pendek menjadi jangka panjang. Sebagai misal, bank mungkin banyak menerima deposito jangka pendek (yaitu jangka waktu satu tahun atau kurang), tetapi bisa memberikan kredit jangka panjang (5-10 tahun). Bank bisa melakukan hal tersebut disebabkan oleh dua faktor.
Pertama, para pemodal percaya bahwa mereka bisa mengambil tabungan mereka sewaktu mereka memerlukannya, dan karena itu mereka justru tidak segera mengambilnya. Kedua, adanya hukum yang dikenal sebagai the law of
large numbers. Apabila suatu lembaga keuangan mempunyai sejumlah besar penabung (depositors) maka kemungkinan terjadi penarikan besar-besaran pada waktu yang sama akan makin kecil.

ALOKASI DANA LEWAT TINGKAT KEUNTUNGAN

Alokasi tabungan-tabungan yang terjadi dalam suatu perekonomian terjadi terutama berdasarkan atas "harga", yang dinyatakan dalam tingkat keuntungan yang diharapkan. Satuan-satuan yang memerlukan dana (tabungan) tersebut harus menawarkan harga yang lebih menarik (yaitu menawarkan tingkat keuntungan yang lebih tinggi) untuk bisa memperoleh dana yang mereka perlukan. Apabila risiko kita anggap sama maka satuan ekonomi yang bisa menawarkan tingkat keuntungan yang lebih tinggi yang akan bisa menggunakan dana tersebut. Sebagai akibatnya, tabungan-tabungan akan cenderung dialokasikan untuk pemakaian yang paling efisien.
        Dengan demikian, perlu pula disadari bahwa proses alokasi tersebut bukan hanya didasarkan atas tingkat keuntungan yang diharapkan, tetapi juga oleh risiko. Berbagai instrumen keuangan (seperti saham, sertifikat deposito, obligasi) mempunyai tingkat risiko yang berbeda. Karena itu, instrumeninstrumen tersebut harus menawarkan tingkat keuntungan (atau yield) yang berbeda. Semakin tinggi risiko yang dirasa oleh pemodal, semakin tinggi pula tingkat keuntungan yang diharapkan akan diperoleh dari instrumen keuangan tersebut. Ini merupakan konsep pokok dalam investasi.
Di samping faktor risiko, faktor-faktor seperti mudah tidaknya instrument keuangan diperjualbelikan (marketability) dan jangka waktu jatuh tempo (maturity), juga akan mempengaruhi tingkat keuntungan yang diharapkan
oleh para pemodal. Marketability suatu instrumen keuangan diartikan sebagai kemampuan menjual dalam jumlah besar, dalam waktu singkat, tanpa harus memberikan konsensi harga yang terlalu besar. Semakin rendah marketability pemodal akan cenderung menuntut tingkat keuntungan yang lebih tinggi. Manajer keuangan perlu memahami hal ini sewaktu mereka akan menerbitkan sekuritas guna memperoleh dana yang diperlukan oleh
perusahaan. Berapa harga sekuritas tersebut akan ditawarkan di pasar finansial merupakan masalah pelik yang perlu dimengerti oleh manajer keuangan.


Daftar Pustaka:
- Brigham, E. F., and houston, J. F. 2004. Fundamentals of Financial Management. Thomson Southwestern.
Brigham, E. F., and houston, J. F. 2013. Essentials of Financial Management. Cengage Learning.
- Jones, C.P. 2004. Investments: Analysis and Management. Wiley International Edition. 9th Edition.

2 Responses to "MANAJEMEN KEUANGAN DAN LINGKUNGAN KEUANGAN"

Pengikut