ANALISIS BIAYA, VOLUME DAN LABA - I



A. BREAK EVEN POINT

Analisis volume, biaya dan laba yang pertama kita bahas adalah break even point (BEP). Break even point adalah suatu keadaan di mana jumlah penjualan sama dengan jumlah biaya atau keadaan di mana perusahaan tidak memperoleh laba dan perusahaan tidak menderita rugi atau laba perusahaan sama dengan nol. Keadaan ini penting diketahui perusahaan (manajemen). Karena dengan mengetahui batas tersebut manajemen bisa mengambil sikap tentang kebijakan pemasaran, harga dan sebagainya dan bisa merencanakan
laba yang akan diperoleh. Break even point bisa dicari dengan pendekatan persamaan atau pendekatan grafik.

Pendekatan persamaan:
Ada dua bentuk pendekatan persamaan, yaitu:
1.    Persamaan biasa.
2.    Metode kontribusi marjin.

1.   Persamaan Biasa

Break even point dengan pendekatan persamaan bisa dicari dengan menentukan laba sama dengan nol.

Penjualan - (Biaya Variabel + Biaya Tetap) = Laba

Karena laba dalam BEP sama dengan nol maka persamaan tersebut menjadi:

Penjualan- (Biaya Variabel + Biaya Tetap) = 0

Atau
         
PENJUALAN BEP = BIAYA VARIABEL + BIAYA TETAP + 0
Contoh:
Seorang pengusaha akan menjual mainan anak-anak dengan harga jual Rp2.500,00 sebuah, biaya variabel tiap buah mainan Rp 1.500,00 yaitu berupa karton dan kertas warna Rp 1.000,00 per buah mainan, serta upah yang mengerjakan setiap mainan Rp500,00 sedang biaya tetap yaitu terdiri dari penunggu standi pasar malam dan sewa tenda sehari Rp75.000,00.
Dengan data tersebut bisa dihitung break even point dan volume penjualan mainan anak-anak tersebut sebagai berikut. Karena penjualan tidak diketahui, diumpamakan "X" maka BEP:
2500 X                  = 1500 X+ 75.000
2500 X - 1500 X     = 75.000
1000 X                  = 75.000
X                           = 75
Jadi, volume terendah yang harus dicapai setiap hari agar perusahaan tidak menderita rugi adalah 75 unit (75 buah mainan) atau 75 x Rp 2.500,00 = Rp187.500,00. Kita coba untuk mengetes hasil tersebut dengan mengembalikan pada persamaannya.
Rp2.500,00 X 75       = Rp1.500,00 X 75 + Rp75.000,00
Rp187.500,00           = Rp112.500,00 + Rp75.000,00

Dengan penjualan sebesar Rp187.500,00 tiap hari maka perusahaan tidak mendapatkan laba dan tidak menderita rugi atau pengusaha mainan anakanak tersebut dalam bentuk Break Even Point dalam penjualan 75 unit mainan tiap hari dengan Rp 187.500,00 bisa ditutup biaya variable Rp 2.500,00 x 75 = Rp112.500,00 dan biaya tetap Rp75.000,00.

2.   Metode Kontribusi Marjin

Break even point bisa juga dicari dengan pendekatan Marginal Income (Contribution Margin).

Kontribusi marjin = Penjualan - Biaya variable

Dalam contoh di atas contribution margin per unit
= Rp2.500,00 - Rp1.500,00 = Rp1.000,00.


Break even point per unit:

= 75.000+ 0
      1000
= 75

Atau

Break even point dalam rupiah
   75.000+ 0
=   1000
     2500
= 75.000
     0,40
= 187.500

Atau
BT = Biaya tetap
BV = Biaya variabel
P = Penjualan

Pendekatan Grafik
Break even juga bisa dicari dengan pendekatan grafik. Pertama grafik biaya variabel, grafik biaya tetap dan grafik penjualan harus diketahui lebih dahulu. Kemudian menjadikan satu wadah untuk menemukan grafik break even point (titik BEP). Untuk contoh ambil data dalam contoh sebelumnya.

Keterangan Gambar
Biaya variabel naik secara proporsional dengan kenaikan unit dalam unit 10 biaya variabel Rp15.000,00; 20 unit biaya variabel Rp30.000,00 dan seterusnya. Biaya tetap jumlahnya tetap Rp75.000,00, walaupun unit berubah-ubah. Penjualan sifatnya juga proporsional dengan unit yang dijual, unit yang dijual 10 unit penjualan Rp 25.000,00; penjualan 20 unit hasil penjualan Rp50.000,00 dan seterusnya langkah berikutnya. Menjadikan grafik biaya variabel dan tetap menjadi satu grafik biaya yaitu menambahkan antara garis biaya variabel dan tetap hal ini bisa dilakukan biaya variabel lebih dahulu ( dimulai dari nol) atau biaya variabel dimulai setelah biaya tetap.
Grafik Biaya Tetap dan Variabel

Keterangan Gambar
1.    Pada waktu produk yang dijual 20 unit biaya variabel Rp30.000,00 dan biaya tetap Rp75.000,00 atau biaya total= Rp105.000,00.
2.    Pada waktu produk dijual 60 unit biaya variabel Rp90.000,00 dan biaya tetap Rp75.000,00 atau biaya total= Rp165.000,00 dan seterusnya.

Tahap berikutnya menjadikan satu ketiga elemen break even point tersebut yaitu biaya variabel, biaya tetap dan penjualan lalu akan dapat diketahui break even pointnya.

Cara menggambar grafik break even point ada dua cara, yaitu:
1.    Biaya variabel dari titik nol dan biaya tetap dari Rp75.000,00.
Biaya variabel dari atas biaya tetap (Rp75.000,00).


Pada tahap terakhir akan diketahui sekaligus break even point dalam unit dan dalam rupiah penjualan yaitu pada waktu penjualan Rp187.500,00 terjadi break even point atau pada waktu penjualan berjumlah 75 unit. Unsur-unsur yang ada dalam grafik tersebut sebagai berikut.

Grafik Break Even Point Menyeluruh

Dari grafik tersebut bisa diketahui misalnya penjualan 50 unit dengan ditarik garis 50 unit maka tampak hasil penjualan hanya Rp125.000,00 biaya variabel Rp75.000,00, biaya tetap Rp75.000,00, biaya total Rp150.000,00 rugi Rp25.000,00, ada penurunan volume penjualan, begitu sebaliknya makin luas daerah laba makin menguntungkan. Laba yang diinginkan perusahaan Dengan analisis break even point perusahaan juga bisa merencanakan berapa penjualan harus dicapai agar perusahaan mendapat laba sejumlah yang diinginkan bisa dicapai dengan mencantumkan (menambahkan) laba yang diinginkan tersebut pada biaya dalam rumus break even point.

Contoh 1
Pengusaha mainan anak-anak dalam contoh sebelumnya menginginkan laba sebesar Rp25.000,00/hari.
 X                            = Jumlah penjua1an yang harus direalisir
Penjualan                = Biaya variabel + Biaya tetap + Laba yang diinginkan

2.500 X                    = 1.500 X+ 75.000 + 25.000
2.500 X - 1.500 X     = 100.000
1000 X                     = 100.000
X                             = 100

Jumlah penjua1an yang harus direalisir untuk mendapatkan laba Rp25.000,00 adalah 100 unit.

Tes Kebenaran                                         Rp                                    %
Penjua1an                                              250.000                            100
Biaya variabe1100 x 1500                      150.000                             60
Kontribusi marjin                                   100.000                             40
Biaya tetap                                             75.000                              30
Laba                                                       25.000                              10

Atau kita masukkan ke da1am rumus BEP dengan memakai Contribution Margin.

Unit yang terjual      =    Biaya tetap     +      Laba
                                      Kontribusi marjin per unit
                             = 75.000  +  25.000
                                      1.000
                             = 100.000
                                  1.000
                             = 100 unit
Atau
Penjualan yang harus direalisir  =  Biaya tetap + Laba 
                                                          1 – BV
                                                                 P
                                      = 75.000  +  25.000 
                                                0,40
                                      = Rp 250.000,00

Contoh 2
Perusahaan ABC
Laporan Laba – Rugi

Penjualan
Biaya Total
Biaya Variabel
Biaya Tetap
Rugi


Rp  7.000.000,00
Rp  5.000.000,00
Rp 10.000.000,00


Rp 12.000.000,00
Rp   2.000.000,00


Catatan :
Perbandingan biaya variabel dengan penjualan selalu sama yaitu:
            7.000.000    atau     70
          10.000.000              100

Diminta:
a.    Apabila biaya tetap naik sebesar Rp2.000.000,00 berapa penjualan harus direalisir supaya perusahaan bisa break even?
b.    Dengan biaya tetap seperti a dan perusahaan menginginkan laba Rp 1.000.000,00 berapa penjualan harus direalisir?

Jawaban
a)    X = Jumlah rupiah dalam break even point
X = Biaya variabel + Biaya tetap + Laba yang diinginkan
X =   7.000.000      X  +  (5.000.000 + 2.000.000)  +  0
        10.000.000
X- 0,7 X    = 7.000.000
0,30 X       = 7.000.000
X               = Rp23.333.333,00

Tes
Penjualan                                                  Rp23.333.333,00
Biaya variabel (0,70 x 23.333.333,00)      (Rp16.333.333,00)
Kontribusi marjin                                      Rp 7.000.000,00
Biaya tetap                                                Rp 7.000.000,00
                                                                                 0

b)    Jumlah rupiah yang harus direalisir     = BT + Laba
                                                                             1 – BV
                                                                                    P
                                                                        = 7.000.000  +  1.000.000
                                                                                  1 – 70
                                                                                      100
                                                                        = 8.000.000
                                                                               0,30
                                                                        = 26.666.666,00

Tes
Penjualan                                        Rp 26.666.666,00
Biaya variabel 0,70 x 26.666.666   (Rp 18.666.666,00)
                                                        Rp   8.000.000,00
Biaya tetap                                     (Rp   7.000.000,00)
Laba                                                Rp   1.000.000,00


Anggapan-anggapan yang Mendasari Analisis Break Even Point

Analisis break even point tidak bisa diterapkan dalam semua kondisi untuk menerapkan break even point. Ada satu set anggapan yang mendasari perhitungan tersebut. Anggapan itu antara lain:

1)    Tingkah laku biaya dan pendapatan ditentukan pada batas yang telah dianggarkan (direncanakan).
2)    Semua biaya bisa dipisahkan antara biaya tetap dan biaya variabel.
3)    Biaya tetap akan tetap jumlahnya pada kapasitas yang telah dianggarkan (direncanakan).
4)    Biaya variabel naik/turun secara proporsional sesuai dengan naik/turunnya penjualan.
5)    Harga jual tidak mengalami perubahan.
6)    Biaya-biaya tidak berubah.
7)    Produktivitas dan efisiensi tidak berubah


Daftar Pustaka :

Charles. T. Honggren. (1994). Principles of Management Accounting. McGrew Hill.

Hilton, Ronald W; Maher Michael W; and Selton, Fank H. (2000). Cost Management: Strategies for Business Decisions. McGraw-Hill.

Machfoedz, Mas'ud. (1996). Akuntansi Manajemen: Perencanaan dan Pembuatan Keputusan Jangka Pendek. Buku 1, Edisi 5, Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha.

Machfoedz, Mas'ud. (1996). Ikhtisar Teori dan Soal Jawab Akuntansi Biaya. Y ogyakarta: Widya Sarana Informatika.

Matz & Usry. (1980). Cost Accounting Planning And Control.

0 Response to "ANALISIS BIAYA, VOLUME DAN LABA - I"

Posting Komentar

Pengikut